Tulisan ini adalah seri kedua dari tulisan saya yang berjudul Peluang Usaha Dengan Modal Kecil.Dengan membaca tulisan ini saya berharap paradigma kita dapat berubah dengan motivasi dan tekad yang kuat untuk memulai sebuah usaha.

Ada sebuah pelajaran berharga yang bisa kita petik dari Bob Sadino Pendiri kimchick, bagaiman dia meninggalkan pekerjaannya yang telah mapan dan kembali ke Indonesia menjadi seorang buruh bangunan sebelum memulai usahanya beternak ayam petelur. Jika saja ia tidak memiliki tekad dan keyakinan yang kuat bisa saja pilihan yang diambilnya tersebut dapat berakibat buruk bagi dirinya dan keluarganya. Seberapa besar sih pengaruh tekad ini sehingga mampu membuat seseorang berhasil ?

Ada 3 hal utama mengapa tekad sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam memulai sebuah usaha dan mengembangkan jiwa enterpreneur bagi seseorang.

1. Percaya diri
Kepercayaan diri merupakan suatu paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan. Dalam praktik, sikap dan kepercayaan ini merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai, melakukan dan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang dihadapi. Oleh sebab itu kepercayaan diri memiliki nilai keyakinan, optimisme, individualitas, dan ketidaktergantungan. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri cenderung memiliki keyakinan akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan. umumnya seseorang yang memiliki tekad yang kuat memiliki kepercayaan diri yang lebih dibanding yang lainya. Selain sebagai second motivasi dengan tekadnya ini pulalah ia memiliki keyakinan yang mendalam akan apa yang dikerjakannya.

2.Orientasi yang Jelas
Dengan tekad yang kuat maka akan berkorelasi terhadap orientasi, seseorang yang memiliki orientasi yang kuat adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras,mempunyai dorongan kuat, energik, dan berinisiatif.Berinisiatif artinya selalu ingin mencari dan memulai. Untuk memulai diperlukan niat dan tekad yang kuat, serta karsa yang besar. Sekali sukses atau berprestasi, maka sukses berikutnya akan menyusul, sehingga usahanya semakin maju dan semakin berkembang.

3.Berani Mengambil Resiko
  • Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausaha yang tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif.
  • Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan
  • Dengan demikian, keberanian untuk menanggung risiko yang menjadi nilai kewirausahaan adalah pengambilan risiko yang penuh dengan perhitungan dan realistik. Kepuasan yang besar diperoleh apabila berhasil dalam melaksanakan tugas tugasnya secara realistik. 
  • Artinya, wirausaha menyukai tantangan yang sukar namun dapat dicapai.Wirausaha menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak ada tantangan, dan menjauhi situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil.
 Tulisan diatas adalah seri lanjutan dari tulisan MENGETAHUI BAKAT DAN KEMAMPUAN DIRI