Banyak orang yang berpikir bahwa untuk memulai sebuah usaha membutuhkan modal, dan sayangnya lagi tidak sedikit yang memiliki pemikiran bahwa modal yang dibutuhkan relatif besar.Hmm kayaknya ini memang sudah menjadi penyakit di negara berkembang seperti di negara kita saat ini.

Pada dasarnya segala sesuatu memang membutuhkan modal, tapi perlu juga di garis bawahi bahwa modal tidak hanya harus diartikan sebagai sejumlah materi khususnya uang yang harus kita miliki. Banyak orang yang terjebak dengan hal ini sehingga tidak jarang akhirnya membuat kita menjadi orang yang takut untuk memulai usaha, apalagi untuk mencoba menjadi enterpreneur.

wah kalau begitu kapan majunya dong bangsa ini jika semua orang hanya berpikiran untuk menjadi pegawai saja. saya rasa ini adalah pertanyaan mendasar yang harus kita jawab bagi diri kita sendiri. Lantas kalau begitu apa dong peluang usaha yang tidak membutuhkan modal atau paling tidak dengan modal kecil lah?

untuk menjawab pertanyaan ini tentunya kita harus melihat beberapa hal : 

Tentunya untuk menjawab pertanyaan ini anda sendirilah yang paling tahu, umumnya kemampuan selalu berkorelasi dengan hobi dan kegemaran. Misalnya anda senang membaca buku apa yang paling anda senangi tinggal anda sedikit mengeksplor kegemaran tersebut dan mencoba mengkonversinya menjadi sebuah hal yang memang anda kuasai.
 
untuk memulai sebuah usaha selain modal dibutuhkan sebuah tekad yang kuat, karena perlu disadari sebelum memulai usaha tentunya kita akan banyak sekali menumakan kendala-kendala dan rintangan dan tentu saja tidak akan mudah melewati hal tersebut. Dengan tekad yang kuat tentunya untuk melewati rintangan tersebut tidak akan terlalu sulit karena kita akan kembali kepada tujuan dasar kita untuk apa kita memulai usaha tersebut.

3.Bidang usaha apa  yang cocok dengan anda 
seperti yang saya sebutkan diatas tadi umumnya skill dan kemampuan seseorang berkorelasi dengan minat dan hobi orang yang bersangkutan. Sehingga untuk mengetahui bidang usaha apa yang sesuai dengan anda tentunya harus lebih mengeksplor lagi minat dan bakat yang kita miliki dan cobalah untuk mengkonversikan itu menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

4.Kapan Harus memulai usaha
banyak orang yang berpikir terbalik bahwa untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan persiapan yang matang, belajar dari pengusaha - pengusaha suskes dan telah besar dibidangnya masing-masing saya rasa kita tidak perlu berpikir terlalu panjang untuk memulainya. Just do it kita bisa menggunakan rumus try and error kok yang penting selama proses itu kita jalani kita terus belajar dari apa yang kita lakukan.


Nah terakhir sebagai orang yang beragama tentunya kita harus berdo'a. perlu pula di ingat bahwa segala sesuatu tentunya terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. oleh karena itu, buat teman-teman yang berminat serta sudah cukup lelah memikirkan untuk mencari lapangan kerja cobalah untuk jangan berpikir terlalu lama ( bukan gk berpikir lho ) maksud saya tidak perlu terlalu banyak pertimbangan kerjakan aja apa yang dapat dikerjakan. Good luck yach.....


Baca Juga
Peluang Usaha Dengan Modal Kecil
Usaha Yang Tidak Membutuhkan Banyak Modal
Wira Usaha Muda Mandiri 
Ide Usaha Bulan Ramadhan