Tips Mencegah Penularan Bakteri E.Coli :  Beberapa hari terakhir ini sedang marak-maraknya berita tentang penularan bakteri E.Coli di berbagai negara khususnya di Jerman. Meskipun di Indonesia dinyatakan bahwa bakteri E.Coli tidak ada penderitanya tapi apa salahnya jika kita mengetahui bagaimana cara mencegah penularan bakteri E.Coli. Nah berikut ini saya berikan Tips Mencegah Penularan Bakteri E.Coli

Bakteri E.Coli ditularkan melalui makanan/minuman yang tercemar kuman (foodborne disease). Penularan bisa melalui: makanan berupa buah-buahan atau sayuran yang dimakan segar (tanpa dimasak), susu yang diminum tanpa proses pengolahan, tangan yang tidak bersih kemudian mencemari makanan/minuman.


 

Bakteri E.Coli hidup optimal pada suhu 70C - 500C, dapat hidup pada suasana asam (pH 4,4), masa inkubasi 2 - 8 hari (rata-rata 4 hari), mampu memproduksi toksin yaitu Verotoksin (VT) 1 dan 2, tetapi akan mati pada pemanasan suhu 700C selama 2 menit.

Gejala yang ditimbulkan infeksi E.Coli adalah sakit perut kadang disertai kram, muntah (50% kasus), panas (30% kasus), diare disertai darah (haemorraghic colitis). Sedangkan gejala HUS: kegagalan ginjal akut (acute renal failure), anemia (haemolytic anemia), trombocytopenia, gangguan neurologis, dan bisa berlanjut pada stroke dan koma.

Cara pencegahan untuk perorangan: Mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun, kemudian bilas dengan hati-hati dan keringkan menggunakan handuk dapur atau handuk sekali pakai: sebelum menyiapkan, melayani, atau makan; setelah menggunakan toilet atau mengganti popok; sesudah menangani sayuran mentah, atau daging; setelah kontak dengan hewan ternak atau setelah mengunjungi peternakan; setelah setiap kontak dengan tinja dari hewan peliharaan.

Untuk penjamah makanan: setiap orang dengan diare atau muntah harus istirahat dari penanganan makanan; semua buah-buahan dengan kulit harus dikupas dan kemudian dibilas dengan air bersih; semua sayuran harus dicuci dengan baik dengan air bersih, terutama yang tidak akan dimasak sebelum dikonsumsi; memasak semua bahan makanan hingga benar-benar matang (pemanasan >70oC), dengan tetap menjaga kebersihan seluruh proses; hindari penyebaran kuman melalui alat masak, seperti talenan, pisau potong, dari makanan mentah ke makanan matang/siap saji.

Itulah tips cara mencegah penularan bakteri E.Coli yang dikeluarkan langsung oleh Kementrian kesehatan Republik Indonesia. Dengan mengetahi sebab dan cara pencegahannya semoga kita dapat segera mengantisipasi penyakit E.Coli ini agar tidak menjadi wabah seperti di negara eropa sana khususnya jerman. 


Postingan Terkait
Bakteri E.Coli
Cara Memperoleh Tubuh Ideal
Kesehatan Lingkungan Dan Pencemarannya