Ini bukan tentang siapa kau sekarang adalah refleksi sebagai seorang bloger. Jika pada postingan saya Ngeblog Antara Keuntungan dan Penipuan saya mencoba memberikan sekilas gambaran tentang bloger-bloger yang telah sukses namun pada postingan kali ini saya mencoba melihat tentang siapa kau sekarang dan siapa kau 10 tahun yang akan datang.

Tidak ada pekerjaan yang mudah mungkin itulah bahasa yang tepat yang dapat menyampaikan filosofi semangat membangun sebuah usaha, termasuk dengan dunia bloging, khususnya newbie-newbie seperti saya. Namun tidak ada pula satu pekerjaan yang benar - benar sulit jika kita mengerjakan itu dengan hati gembira.


 

Menjadi seorang bloger tidak bicara tentang siapa anda atau saya sekarang, tapi kita bicara bagaiman kita melihat dan mencoba menciptakan diri kita 5-6 tahun yang akan datang. Hal inilah yang mendasari kita sebagai seorang bloger untuk memulainya setahap demi setahap. Tidak perduli siapa dan apa pekerjaan kita sekarang mulai dari pengusaha, tukang koran, sampai buruh tani sekalipun bisa menjadi seorang bloger profesional asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Namun hal tersebut tidak berarti kita melakukannya serampangan dan tanpa managemen yang tepat, meskipun dalam guruku bodoh saya mencoba menceritakan bagaiman saya di approve oleh google untuk adsense, namun itu tidak berarti keberuntungan semata menjadi harapan kita.
Bagaimana memulai melakukan persiapan yang dalam istilah Anne Ahira "persiapan terbang tinggi" menjadi seorang bloger? berikut saya mencoba merangkumnya dalam bahasa saya yang sederhana 

1. Mengetahui Bakat dan Kemampuan Diri
Pada postingan saya cara mengetahui bakat dan kemampuan saya mencoba menyampaikan bagaimana cara mengetahui bakat dan kemampuan yang kita miliki. Ini penting untuk memulai aktifitas bloger, kita harus tau kemampuan kita sendiri, karena yang terpenting menjadi seorang bloger sebenarnya bukan pada mengetahui cara membuat atau membangun sebuah blog sehingga menarik traffic. Tapi lebih kepada bagaimana anda membagi ilmu yang anda miliki untuk orang lain dan ini harus dimulai dengan memahami potensi diri kita sendiri.

2. Belajar Mendeskripsi
Kita membagi ilmu baik itu berupa pengalaman, pengetahuan dan lain sebagainya kepada orang lain dimulai mencoba dengan bagaimana mendeskripsikan pengalaman kita itu dalam bentuk tulisan yang menarik dan memikat pembaca. Belajar mendeskripsikan pengalaman kita tersebut dalam dunia blog dapat dimulai dengan memilih template dan jenis tulisan pada setiap postingan yang kita miliki.

3.Setahap demi Setahap
Mengapa setahap demi setahap? dalam beberapa postingan saya yang lainya mungki anda sudah sering mendengar tips ini. Kembali saya menekankan disini bahwa menjadi seorang bloger itu tidak dapat dilakukan dalam waktu yang instant. Apalagi seseorang yang mungkin sama sekali tidak memiliki latar belakang IT dan seputar komputer. Kita harus memahami bahwa belajar membuat sebuah blog bukan hanya konten saja namun ada SEO,ada HTML ada CSS dan mungkin masih banyak lagi untuk menjadikan blog kita benar-benar baik dan bermutu.

Langkah-langkah diatas mungkin lebih kepada refleksi dan tips yang saya jalankan sampai hari ini. Karena seperti yang saya katakan, tidak ada orang yang benar-benar sempurna.Oleh karena itu, kita harus belajar dan terus belajar untuk memahami dan mengetahui sesuatu yang baru buat kita.


Postingan Terkait.
Membuat Postingan Blog Bertraffic
Cara Membuat Blog Aplikatif
Alasan Malas Ngeblog