Mecari ide dan peluang pasar tidak hanya dibutuhkan oleh enterpreneur yang sudah sukses, tapi seorang bloger juga ternyata sangat membutuhkan untuk mencari dan meningkatkan traffic pada blog yang ia bangun. Bagaimana menurut anda apakah teman-teman sudah melakukan ini dengan benar...?

Untuk menjawab hal tersebut saya sendiri juga masih belajar untuk melakukanya alias belum ada ukuran yang baku yang dapat mendefinisikan tentang riset pasar atau dalam dunia bloger lebih dikenal dengan istilah niche market. Banyak tools dan juga teknik yang tiap-tiap bloger memiliki perbedaan satu dengan yang lainya.
Namun garis besarnya adalah membangun sebuah blog dengan niche market yang spesifik adalah sebuah hal yang mutlak diperlukan untuk meningkatkan pendapatan lewat iklan khususnya teman-teman yang tengah menggarap proyek online marketing.

Belajar dari pengalaman selama beberapa bulan terakhir saya mengalami kesulitan dalam mengembangkan sebuah blog akibat tidak spesifiknya niche yang saya buat. Terlalu general memang memiliki kelebihan kaya akan ide-ide tentang membuat konten dan lainya. Namun ternyata tidak semua konten-konten yang kita buat ternyata memiliki HPK yang tinggi, alias banyak digemari sehingga dapat meningkatkan pendapatan adsense kita.
Karena itu beberapa bulan terakhir saya mencoba membangun proyek 30 blog dari blogspot gratis dengan mengikuti petunjuk dari bang Ibnu Andika salah satu mastah di adsense id, komunitas bloger Indonesia. Membangun sekitar 30 blog dengan tema dan niche yang spesifik juga ternyata bukan hal yang mudah. Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa teman-teman jadikan referensi sebelum membuat beberapa blog dengan niche spesifik.

1. Saya mencoba beberapa tools untuk melakukan riset keyword yang tepat dan memiliki pesaing yang relatif masih sedikit untuk sebuah blog baru. Tools-tools ini ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar saya mencoba menggabungkan keduanya.

2.Saya mencoba selama beberapa minggu mengamati pergerakan trends yang berkembang hal ini saya lakukan guna membaca bagaimana keadaan minat dan peluang dari niche yang saya bangun kedepanya, ini bisa dilakukan dengan menggunakan google trends namun khusus untuk trend indonesia belum ada.

3.Sering ke perpustakaan mencari bahan mempersiapkan artikel dan informasi tentang postingan-postingan untuk blog-blog yang saya persiapkan, sebagianya dengan mudah saya dapatkan namun sebagianya lagi sangat sulit sekali.
Itu adalah langkah-langah sederhana yang saya ambil dalam mempersiapkan 30 blog di blogspot dengan niche market yang spesifik, apa teman-teman punya cara dan langkah-langkah  yang sudah dilakukan dalam mengembangkan blog...? saya sangat senang jika teman-teman berbagi dengan saya dan yang lainya.


Baca Juga