Sebelum kita mengupas apa sih kiat sukses Beternak Broiler ala Bob Sadino, mungkin sebaiknya kita megetahui dulu sekilas profil tentang Bob Sadino. Pengusaha dan pemilik Kemchick dan Kemfood ini merupakan sosok pengusaha yang cukup eksentrik, selain penampilannya yang eksentrik Bob Sadino juga dikenal memiliki pemikiran-pemikiran yang mungking menurut orang sangat tidak lazim. Salah satu pemikirannya yang cukup unik namun memiliki makna yang cukup luas adalah ide tentang "belajar goblok menjadi pengusaha".

Bob Sadino dilahirkan pada tanggal 9 Maret 1933 di Tanjung Karang Lampung dari pasangan orang jawa yang pada saat itu berhijrah ke sumatera dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino. Pada tahun 1934 keluarga Om Bob akhirnya pindah ke jakarta dan tinggal di jakarta sampai sekarang.

Bob Sadino sebenarnya pernah melanjutkan kuliahnya di Universitas Indonesia jurusan Hukum tapi hanya satu tahun, ia meninggalkan kuliahnya karena alasan tidak betah dan akhirnya bekerja di unilever. Dengan alasan yang sama pula beberapa tahun kemudian Bob Sadino akhirnya pindah pekerjaan pada sebuah perusahaan pelayaran.

Beberapa tahun kemudian Bob Sadino beserta istrinya akhirnya kembali ke Jakarta dan meninggalkan semua  pekerjaannya. Selama kembali ke jakarta Kehidupan Bob Sadino cukup memprihatinkan ia berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainya bahkan dalam pengakuannya Bob Sadino pernah menjadi seorang kuli bangunan. 

Akhirnya ia memulai sebuah usaha peternakan ayam Broiler, awalnya Bob Sadino tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan sedikitpun tentang ayam broiler namun sedikit demi sedikit ia akhirnya menapaki jalan kesuksesan.

Beberapa kiat sukses Beternak Boiler ala Bob Sadino ternyata cukup lucu dan eksentrik seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, selain pemikiran yang unik Bob Sadino juga menerapkan langkah-langkah yang mungkin menurut orang lain itu sepele. 

1. Melawan Rasa Takut
Memulai sesuatu yang baru bukanlah hal yang mudah, untuk memulainya dibutuhkan keberanian dan kebulatan tekad yang kuat. Hal pertama yang harus di persiapkan dalam memulai sesuatu khususnya dalam memulai usaha adalah dengan melawan rasa takut kita sendiri. Rasa takut itu dapat datang kapan saja dan dalam bentuk apa saja, baik berupa rasa takut akan kegagalan, pandangan orang lain yang menganggap sepele yang kita kerjakan dan masih banyak lagi yang lainya.
2.Tidak Berharap Berlebihan
Perbedaan antara kesuksesan dan keberhasilan sebenarnya ada pada proses dan kekuatan dalam melewati kegagalan. Pandangan om Bob yang satu ini memang cukup beralasan, dengan harapan yang terlalu tinggi dan muluk cenderung membuat kita menjadi ragu dan mudah putus asa namun juga tidak berarti kita tidak memiliki keinginan dan gambaran akan apa yang kita usahakan.

3. Belajar dengan giat
Menurut pandangannya om Bob, belajar tidak berarti harus duduk di bangku kuliah dan mendapatkan pendidikan yang formal. Namun lebih kepada menghidupkan saraf-saraf kepekaan dan kepribadian kita untuk dapat belajar dari setiap kejadian dan pengalaman yang kita rasakan sehari-hari.

3 hal yang saya sebutkan diatas adalah Kiat beternak Broiler ala Bob Sadino, tidak sulit kelihatannya. Namun Bob Sadino selalu menekankan bahwa kesulitan itu tidak bisa dirasakan jika tidak di Praktikkan. Hal yang kelihatannya mudah diatas ternyata memberikan dampak yang sangat berarti bagi seorang Bob Sadino, bagaimana denga teman-teman?



Baca Juga 
Bisnis Pesawat Peluang Usaha Berprospek
Wirausaha  Muda Mandiri
Usaha Yang Tidak Membutuhkan Banyak Modal
Peluang Usaha Dengan Modal Kecil
Usaha Modal Nekat